Tabloid Mahasiswa Idealita

Batusangkar, Sumatera Barat, Indonesia

Sabtu, 04 Desember 2010

TABLOID MAHASISWA IDEALITA

Tabloid Mahasiswa Idealita (TMI) merupakan salah satu lembaga kemahasiswaan yang bergerak di bidang jurnalistik di STAIN Batusangkar. Berdasarkan proses sejarah, organisasi ini bukanlah unit kegiatan mahasiswa akan tetapi sebuah Lembaga Pers Mahasiswa yang dikelola mahasiswa. Pertanggung jawaban organisasi langsung ke Rektorat (Ketua STAIN). Lembaga ini adalah lembaga mandiri dalam artian pengelolaaan, baik pengelolaan organisasi maupun pemberitaan.
Idealita sendiri adalah sebuah nama dengan filosofi kekentalan adat Minangkabau. Idealita dasarnya adalah suatu pernyataan dan perbuatan yang ideal dan sesuai realita.
Tabloid Mahasiswa Idealita pertama kali hadir pada 29 Juni 2009 ke pembacanya. Pada mulanya digagas oleh sepuluh orang mahasiswa yang kemudian mengelola dan menerbitkannya dibantu beberapa orang dosen. Kemudian berlanjut sampai sekarang dengan model pers organisasional. Maksudnya, penerbitan ini dilengkapi dan dikerjakan oleh sebuah lembaga Pers Mahasiswa bernama Tabloid Mahasiswa Idealita STAIN Batusangkar.
Selanjutnya secara organisasional Idealita berposisi sebagai lembaga mahasiswa yang menginformasikan, mengolah data dan menerbitkan sebuah terbitan disamping aktivitas organisasi itu sendiri. Selain itu juga ditambah dengan kegiatan-kegiatan tambahan di dalam lingkup pengembangan jurnalisme mahasiswa. Aspek olahan informasi mengacu pada kepentingan mahasiswa mehasiswa dan menyuarakan aspirasi mahasiswa secara keseluruhan.

Kegiatan Dan Prestasi
1. Workshop Jurnalistik, Tabloid Mahasiswa Idealita STAIN Batusangkar. 4-6 Desember 2009. Bersama Fadril Aziz Isnaini, Dewan Kehormatan PWI SUMBAR. Musriadi Musyanif (Singgalang), Mustafa Akmal (Padang Ekspres).
2. Salah seorang sebagai peserta pada Pelatihan Jurnalistik Pramuka. Padang, 18-23 Desember 2009. Terpilih sebagai peserta terbaik.
3. Kunjungan ke SKK Ganto-UNP Padang. 22 Desember 2009.
4. Kunjungan ke SKK Bahana-UNRI Pekanbaru. 16 Januari 2010.
5. Seminar dan Bedah Novel. Cinta di Kota Serambi Karya Irzen Hawer. Padang Panjang, 14 Maret 2010.
6. Workshop Jurnalistik, bersama Fadril Aziz Isnaini, Dewan Kehormatan PWI SUMBAR. Mustafa Akmal (Padang Ekspres). Silvia Hanani (Wartawan Senior) dan Ilham Mustafa (Kru SKK Suara Kampus-IAIN IB Padang).
7. Utusan peserta dalam Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN), Medan, 23-28 November 2010.



KRU IDEALITA 2010

Pimpinan Umum
Hebby Rahmatul Utamy

Sekretaris Umum
Silvia Roza

Bendahara Umum/Pimpinan Perusahaan
Novi Fitri

Pemimpin Redaksi

Romadoni Azmi

Redaktur Pelaksana
Nofrizal

Redaktur
Rezi Maswar

Reporter
Cici Yulia, Nelvi Formana Sari, Novi Lestari, Anni Zofa, Nurhabibi, Deri Fahrizal, Andri Kesenja, Robi Fetual

Magang
Muhammad Rahim, Sri Wahyuni, M. Faisal Arianto, Sri Rahmy Saputry, Riki Eka Putra, Elsi Yulita, Fauziah Amini Basyir, Fitria Osnela, Santi Yulia Kasih, Artinah, Nurnila Sari, Zakaria Ahmad, Nilam Komala Sari, Muhammad Efendi, Ramadhani, Novi

Desainer Grafis & Perwajahan
Nofrizal, Roni Putra

Redaksi menerima karya berupa cerpen, puisi, opini, dan karikatur. Karya disertai identitas pengirim berupa nama dan fotocopy kartu mahasiswa. Karya yang telah masuk menjadi milik redaksi. Dikirim melalui email ke idealita_stainbsk@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar