Tabloid Mahasiswa Idealita

Batusangkar, Sumatera Barat, Indonesia

Kamis, 13 Januari 2011

EXPO TABLOID MAHASISWA IDEALITA STAIN BATUSANGKAR BERSAMA LEMBAGA PERS MAHASISWA (LPM) DAN LOMBA MUSIKALISASI PUISI TINGKAT SLTA SEDERAJAT SE-SUMATERA BARAT Auditorium STAIN, Batusangkar 19 S.d 20 Februari 2011

“Aku datang untuk jaya, besar dan sukses. Menyingkir kalian, semua penghalang!
Tak laku bagiku panji-panji Vini, Vidi, Vici. Diri datang bukan untuk menang, tak pernah bercita-cita untuk jadi pemenang atas sesama. Orang yang mengajari mengibarkan panji-panji Caesar itu, dia belum pernah menang. Sekarang bahkan menukik jatuh bersama panji-panjinya:
Jadi pesakitan, hanya karena hendak membangun kejayaan dalam satu malam”
(Pramoedya Ananta Toer)

Tabloid Mahasiswa Idealita merupakan wadah pengembangan dan pemberdayaan bakat, minat mahasiswa dalam kegiatan jurnalistik. Kehadirannya di kampus menjadi nilai tambah dalam peningkatan intelektual mahasiswa. Kegiatan intelektual yang dijalaninya menjadikan Tabloid Mahasiswa Idealita sebagai kebutuhan bagi civitas akademika. Aktivitas jurnalistik yang dilakoni oleh kader-kader pers kampus adalah dalam rangka pemenuhan kebutuhan tersebut.
Pengembangan sayap aktivitas dengan merambah dunia luar kampus (masyarakat) menjadi keharusan bagi Tabloid Mahasiswa Idealita hari ini. hal ini juga terkait dengan Salah Satu Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni Pengabdian Masyarakat. Dalam aktivitas jurnalistik pengabdian masyarakat diinterpretasikan dalam bentuk mengekspose segala bentuk aktivitas dan kondisi masyarakat tersebut dengan nilai-nilai jurnalistik.
Untuk tahap awal ini masyarakat sekolah menjadi fokus target pengembangan sayap aktivitas Tabloid Mahasiswa Idealita. Masyarakat sekolah merupakan kelompok sosial yang dekat dengan perguruan tinggi, dalam artian STAIN Batusangkar. Kelompok sosial ini cukup potensial untuk dijadikan lahan baru dan tentunya kehadiran Tabloid Mahasiswa Idealita ditengah-tengah masyarakat sekolah berimplikasi positif kepada STAIN Batusangkar dalam rangka sosialisasi kampus.
Demi mewujudkan hal tersebut, kegiatan Expo Tabloid Mahasiswa Idealita STAIN Batusangkar bersama Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) dan Lomba Musikalisasi Puisi Tingkat SLTA Sederajat Se-Sumatera Barat menjadi langkah awal pengembangan sayap aktivitas Tabloid Mahasiswa Idealita Kedepannya.


“EXPO DAN MUSIKALISASI PUISI MERUPAKAN
PARADIGMA BARU JURNALISTIK KAMPUS”.

Dilaksanakan pada:
Hari :Sabtu-Minggu
Tanggal : 19-20 Februari 2011
Pukul : 08.00 WIB s/d selesai
Tempat : Auditorum STAIN
Batusangkar

Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk Expo Tabloid Mahasiswa Idealita STAIN Batusangkar Bersama Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) dan Lomba Musikalisasi Puisi Tingkat SLTA Sederajat Se-Sumatera Barat.
Adapun aktifitas tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 19 s.d 20 Februari 2011


Expo Tabloid Mahasiswa Idealita STAIN Batusangkar Bersama Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) dan Lomba Musikalisasi Puisi Tingkat SLTA Sederajat Se-Sumatera Barat ini bertujuan untuk :
1. Sosialisasi dan transformasi nilai-nilai jurnalistik kepada civitas akademika dan masyarakat sekolah.
2. Sosialisasi kampus STAIN Batusangkar kepada masyarakat sekolah.
3. Sarana sillaturahim dan diskusi Lembaga pers mahasiswa (LPM) se-sumatera barat.



Expo Tabloid Mahasiswa Idealita STAIN Batusangkar Bersama Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Se-Sumatera Barat dan Lomba Musikalisasi Puisi Tingkat SLTA Sederajat Se-Sumatera Barat ini diharapkan menghasilkan out put yang benar-benar bermanfaat bagi semua elemen, out put kegiatan yang diharapkan berupa :
1. Memberikan sumbangan pemikiran dan tenaga untuk mensosialisasikan nilai-nilai jurnalistik dalam masyarakat sekolah.
2. Mengembangkan dan memberdayakan bakat dan minat pelajar dalam musikalisasi puisi.
3. Terbentuknya jaringan jurnalis kampus dan sekolah.
Adapun indikator pencapaian kegiatan tersebut adalah:
1. Adanya institusi sekolah yang bersedia untuk di ekspos bagi Tabloid Mahasiswa Idealita untuk mengembangkan sayap aktivitas ke masyarakat sekolah.
2. Terciptanya silaturrahmi sesama jurnalistik kampus Se-Sumatera Barat dalam rangka peningkatan kualitas aktivitas jurnalistik.
3. Meningkatnya minat pelajar Se-Sumatera Barat untuk melanjutkan pendidikan ke STAIN Batusangkar.



Expo Tabloid Mahasiswa Idealita STAIN Batusangkar bersama Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) dan lomba Musikalisasi Puisi Tingkat SLTA Sederajat Se-Sumatera Barat ini dilaksanakan oleh Tabloid Mahasiswa Idealita STAIN Batusangkar sebagaimana tertera pada lampiran 2.


Peserta Expo Tabloid Mahasiswa Idealita STAIN Batusangkar ini adalah Tabloid Mahasiswa Idealita STAIN Batusangkar bersama Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) dan Lomba Musikalisasi Puisi diikuti oleh pelajar SLTA Sederajat Se-Sumatera Barat



Lomba musikalisasi puisi ini akan mendatangkan dewan juri berpengalaman dalam bidangnya, diantaranya:
1. H. Taufik Ismail
2. Gus TF Sakai
3. Silvia Hanani,Ph.D

Memperebutkan tropy
Tropy Bergilir Taufiq Ismail
Tropy Lepas Gubernur Sumbar
Tropy Lepas Bupati Kab.Tanah Datar
Tropy Lepas Ketua STAIN Batusangkar
Tropy Lepas Alumni TM-Idealita
Tropy Juara Favorit Berino Gallery
Hadiah Tabanas
Jauara I : Rp 1000.000,-
Juara II : Rp. 750.000,-
Juara III : RP. 500.000,-

Persyaratan
Anggota maksimal 6 orang dengan guru pendamping
Atribut dan property disediakan peserta
Peserta Menampilkan Puisi Pilihan karya Taufiq Ismail yang disediakan panitia
Peserta hadir 15 menit sebelum acara dimulai

Puisi pilihan, Karya Taufiq Ismail:
Melihat Tanda-tanda
Oktober Hitam
Kita Adalah Pemilik Sah Republik Ini
Kembalikan Indonesia Kepadaku

Contact Person:
Aray : 0852 7832 5554
Kasih : 0813 7488 6425
Putry : 0813 7193 6872

2 komentar: